LANGKAH-LANGKAH MENJAHIT KAOS POLO/POLO SHIRT POLOS

T-shirt atau kaos adalah pakaian yang sangat populer saat ini. T-shirt biasa digunakan oleh kaum muda maupun tua. Ada dua jenis t-shirt yaitu t-shirt tidak berkerah (round) biasa disebut dengan kaos oblong dan t-shirt berkerah. Jenis t-shirt berkerah biasa disebut kaos polo atau polo shirt.

Dalam artikel ini akan dijabarkan langkah-langkah menjahit kaos/t-shirt dengan kerah selanjutnya kita sebut kaos polo atau polo shirt. Bagi sebagian penjahit, pekerjaan yang dianggap sulit saat menjahit kaos polo atau polo shirt adalah pada tahap menjahit kerah dan menyatukan kerah ke kaos. Padahal pada kenyataannya teknik menjahit kerah sangatlah sederhana. Apapun kerah kaos polo yang akan anda jahit baik kecil atau besar, lebar atau sempit, pada dasarnya prosesnya adalah sama. Tidak ada suatu resep khusus untuk menjahit kerah agar hasilnya sempurna. Kuncinya adalah pada langkah-langkah dalam keseluruhan proses menjahit kaos polo itu sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah menjahit kaos polo:

1.      Potonglah kain sesuai dengan pola yang telah anda buat. Pastikan saat menggambar pola pada bagian sisi dalam kain.

2.      Jahitlah kain bagian depan dan belakang untuk membuat bagian badan kaos polo sesuai dengan pola yang telah anda buat.

3.      Jahit bagian sisi kerah dan ketiga sisi luar kerah menggunakan.jahitan 5/8 inch.

4.      Jahit bagian ujung  masing-masing lipatan kerah secara terpisah, sepanjang sisi lipatan.

5.      Jahit bagian kerah yang berbentuk lekukan dengan satu lipatan yang panjang.

6.      Potong lipatan sepanjang ¼ inch pada ketiga sisinya.

7.      Jepit ujung kerah secara diagonal dekat dengan jahitannya.

8.      Agar kain tidak terurai gunakan system jahitan zig zag untuk menjahit ketiga sisi kerah.

9.      Putar kerah ke bagian kanan luar.

10.  Tekan kerahnya.

11.  Jahit bagian bawah kerah menggunakan jahitan zig zag sepanjang sisinya.

12.  Lipat kerah setengah bagian dari panjang keseluruhan.

13.  Potong sepanjang 1/8 inch lipatan berbentuk V bagian tengah pada sisi bawah kerah.

14.  Potong 1/8 inch bentuk V bagian garis leher pada bagian tengah lipatan kaos.

15.  Gabungkan potongan bentuk V dengan kerah menggunakan peniti pada sisi kanan kaos.

16.  Jahit kerah ke kaos bagian badan yang telah dijahit sebelumnya.

Bila anda memiliki ketrampilan dasar menjahit maka membuat kaos polo atau polo shirt semestinya bukan sesuatu yang sulit. Seperti dijelaskan diatas bahwa kaos polo telah menjadi fashion bagi kalangan tua dan muda, itu artinya keahlian menjahit khususnya kaos polo bisa menjadi bisnis yang memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Kuncinya anda tinggal mengasah ketrampilan dan keahlian sehingga kaos polo yang anda hasilkan berkualitas tinggi dari sisi jahitan. Dan selalu mengikuti perkembangan trend fashion dan mode sehingga menghasilkan desain-desain sesuai dengan perkembangan pasar. Dan yang sangat penting bagaimana anda bisa berkompetisi di bisnis kaos polo yang ketat dengan sistem marketing yang efisien dan efektif.

Sumber: http://poloshirtpolos.wordpress.com

This entry was posted in Artikel Konveksi & Garment and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.